Cara Menjalankan Perintah Linux di Latar Belakang dengan Screen

    Jika kalian sudah sering menjalankan perintah linux di terminal, dan prosesnya sedang berjalan, kalian dapat membuatnya berjalan di belakang layar atau background dengan menekan Ctrl+Z untuk menghentikannya dan menggunakan perintah bg untuk menjalankannya di background . Dan untuk melihat seluruh proses yang berjalan di latar belakang bisa menggunakan perintah jobs.

    Cara Menjalankan Perintah Linux di Latar Belakang

    Contohnya kasusnya bisa di simak dibawah ini saya coba untuk menjalankan perintah untuk mengupdate sistem dan menjalankannya di background.

    sudo apt update [ ctrl + z] 
    jobs
    bg

    Atau, kalian bisa langsung menjalankannya di backgroud dengan menambahkan ” & ” di akhir perintah. Contohnya di bawah ini

    sudo apt upgrade &
    jobs

    Contoh di atas perintah upgrade tersebut cukup membutuhkan waktu yang lama sehingga di kasih kode perintah ” & ” agar bisa berjalan di belakang layar. Sedangkan ” Jobs ” di gunakan untuk mengecek perintah atau pekerjaan server yang sedang berjalan.

    Menjalankan Proses di latar belakang atau Background Setelah Keluar dari Terminal

    Ini sama dengan perintah screen. Dan biasanya digunakan pada saat menjalankan perintah linux yang dijalankan memakan proses yang lama misalnya saat sedang melakukan backup web server dengan ukuran puluhan GB. Hal inilah cocok di gunakan tanpa khawatir akan koneksi putus di tengah jalan saat migrasi data server.

    Pertama, kita bisa gunakan perintah disown

    sudo rsync Backups/* /var/www/html/* &
    jobs
    disown  -h  %1
    jobs

    Atau, gunakan perintah nohup

    nohup sudo rsync Backups/* /var/www/html/* &
    jobs

    cara menjalankan perintah linux di background dengan Screen

    Atau dengan cara yang terakhir dan ini saya kira paling mudah, berikut contoh kasusnya ingin upgrade sistem yang cukup gede, pertama

    screen

    Setelah ketik perintah tersebut baru eksekusi perintah upgrade

    apt-get upgrade

    Dan akan otomatis menjalankan perintah backgroud, terminal boleh di close meskipun masih terlihat menjalankan perintah kerjaan.

    Semoga tulisan tentang cara menjalankan perintah linux di background ini bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih

      About Tri Wahyu Budi Utomo

      Leave a Comment