Cara Redirect 301 Permanent Permalink Year – Month – Post ID Tanpa Rewrite

Hallo gaes, perkenankan kali ini saya akan sharing ilmu sekaligus catatan untuk berbagi dan mengingatnya. Suatu masalah bisa menjadikan hal tersebut ilmu dalam penyelesaiannya. Sama halnya dengan apa yang saya alami ini mengenai penggantian permalink lama ke permalink baru.

Permalink lama yang menggunakan /%year%/%post_id%/%postname%/ kemudian di ganti menjadi /$post_id%/%postname%/ dengan banyak sekali pertimbangan yang harus di putuskan. Mengapa banyak pertimbangan?

plugin 301 redirect wordpress

Soalnya ketika kita mengganti permalink tanpa pertimbangan yang matang dan mengerti masalah dunia SEO dan trafik yang kembali lagi sangatlah tidak di rekomendasikan. Jika tidak mempertimbangkan hal tersebut menjadikan blog kamu akan kehilangant trafik dan harus reindek ulang lagi.

Alias URL blog kamu akan mengganti baru, url lama akan menjadi 404 not found statusnya. Hal tersebut akan mempengarhi masalah bagi kamu, karena trafik akan hilang, plus earning alias penghasilan akan juga hilang.

Bagaimana cara redirect 301 permanent permalink agar tidak kehilangan trafik? Ya meskipun akan mengalami penuruan UV, namun tidak begitu signifikan. Karena nanti lambat laun akan naik kembali. Berikut ini caranya.

Cara Redirect 301 Permanent Permalink

Bagi kamu yang menggunakan nginx tidak perlu membuat rule rewrite permalink yang rumit di dalamnya. Hanya perlu install plugin wordpress redirect di bawah ini yang bisa kamu coba:

  1. Redirections  : Plugin ini meminta kamu untuk menambahkan url lama dan baru untuk di redirect 301. Prosesnya manual satu-satu tambahkan urlnya
  2. Simple 301 Redirects Plugin : Plugin ini kurang lebih hampir sama dengan Redirection, namun lebih simple lagi
  3. Change Permalink Helper : permalink yang di rubah di settingan akan otomatis di redirect oleh plugin ini semuanya. Plugin ini saya gunakan untuk mengganti permalink 301 di blog utama saya.

Nah itulah cara saya untuk redirect 301 yang mudah tanpa harus membuat rule rewrite nginx atau apache di server kita. Sekian, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan artikel ini kepada orang yang membutuhkan informasi ini. Terima kasih

triwahyu

You Might Also Like

No Comment

Leave your thought